Ingat Waktu !!

Thursday, November 10, 2011

Tips sebelum melakukan Olahraga

Hobi berolahraga itu penting bagi kita untuk menambah kesehatan atau menguruskan badan,tetapi olahraga hanya akan bermanfaat bila dilakukan sesuai aturan.Pada dasarnya setiap aktivitas olahraga terdiri dari pemanasan, kegiatan inti, dan pendinginan
Melakukan pemanasan(stretching) terlebih dahulu sebelum melakukan olahraga.Intensitas dan lamanya waktu dalam melakukan pemanasan sebaiknya disesuaikan dengan kemampuan fisik dan kondisi yang ada. Pada intinya, pemanasan tersebut harus dilakukan cukup intensif untuk meningkatkan suhu tubuh sehingga menyebabkan berkeringat, akan tetapi jangan melakukan pemanasan terlalu berlebihan sehingga menyebabkan keletihan. Pada cuaca yang dingin latihan pemanasan tersebut dapat dilakukan secara lebih intensif lagi. Kegiatan inti yaitu melakukan olah raga fisik yang diinginkan.Setelah melakukan olah raga sebaiknya luangkan setidaknya beberapa menit pendinginan untuk menormalkan kembali aliran darah. Jantung bekerja lebih keras untuk menjaga suplai nutrisi dan darah bagi tubuh selama latihan, tetapi ketika berhenti latihan, kebutuhan aliran darah pun berkurang. Jika berhenti tiba-tiba, Anda tidak memberikan waktu bagi jantung untuk memperlambat pemompaan darah sehingga Anda bisa pusing atau bahkan pingsan.
Anda juga lebih mungkin mengalami kram otot jika Anda tidak melakukan pendinginan setelah latihan. Otot-otot Anda bekerja lebih keras selama latihan daripada saat istirahat, jadi ketika Anda tiba-tiba berhenti bergerak, maka Anda meningkatkan risiko terjadinya kram otot yang menyakitkan.

No comments:

Post a Comment